Posted by: TandaMata BDG | 1 March, 2008

Brand Equity

  • Brand atau Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari hal­hal tersebut, yang dimaksud untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing (Philip Kottler, 2002)
  • Brand Equity atau kekuatan merek adalah seperangkat asset dan liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa, baik pada perusahaan maupun pada pelanggan (Darmadi, 2004).
  • Elemen dari brand equity menurut David A. Aaker (1996;8) dari buku The Power of Brand, Freddy Rangkuti; “…the major asset categories are: brand awarness; perceived quality; brand associations; and brand loyalty. Elemen-­elemen dari brand equity adalah:
  • Brand awareness atau kesadaran merek, yaitu menunjukkan kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
  • Brand asossiation atau asosiasi merek, yaitu mencerminkan citra suatu merek terhadap suatu kesan tertentu dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut produk, geografis, harga, pesaing, dan sebagainya.
  • Perceived quality atau persepsi kualitas, yaitu mencerminkan persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkenaan dengan maksud yang diharapkan.
  • Brand loyalty atau loyalitas merek, mencerminkan tingkat keterikatan atau kesetiaan konsumen dengan suatu merek produk(Darmadi, 2004).

Responses

  1. Branding ??? diciptakan atau dia punya sistem thingking tersendiri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: