Posted by: TandaMata BDG | 1 March, 2008

Faktor Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

 Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

  1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  2. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  3. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

Responses

  1. kelompok acuan yang terkait dengan pemasaran apasaja

  2. Aduh maaf, saya agak kurang paham dengan maksud pertanyaan ini. Yang dimaksud dengan kelompok acuan apa dan dalam hal apa? Bisa diperjelas?

    Atau mungkin ada sahabat lain yang hendak berbagi?

  3. tolong dunk,dalam faktor internal itu apa saja dan variabel yang bisa di jadikan kuisoner itu apa saja,kalo bisa eksternalnya juga….thanks

  4. Yaitu tadi: motivasi, keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Sedangkan faktor eksternalnya: budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi.

  5. kira – kira untuk pemasaran produk baru di Indonesia, apakah teori pamasaran umum yang sebaiknya digunakan, ataukah sebaiknya saya tidak memnpergunakan terlalu banyak teori dalam memasarkan produk saya yang berupa tanaman hias? terima kasih atas masukan anda

  6. tergantung dengan apa yang Anda maksud dengan “baru”. Apakah produk “baru” yang benar-benar inovatif (belum ada sebelumnya) atau “usaha baru”. Informasinya kurang spesifik. (usahanya dimana? berapa luas target pasar? dsb.) Tapi coba lihat postingan saya yang berjudul “Periklanan berdasarkan Tahapan Daur Hidup Produk
    Sedangkan tentang bagaimana memasarkan tanaman hias: Teori kalau diaplikasikan boleh jadi membantu banyak. Tapi memang keberanian berusaha akan membekaskan banyak pengalaman yang bernilai. Karena – lagi-lagi – informasinya kelewat sedikit, saya hanya bisa menyarankan jalani saja. Dengan berlalunya waktu, Anda akan belajar banyak dari kasus demi kasus. Tapi yang sudah pasti memasarkan tanaman hias di mall, di jalan raya, di lokasi perumahan, pendekatannya pasti berbeda-beda. Sukses buat Anda!

  7. cuma saran neh.
    tolong mas buatinlah rssnya, soalnya terpaksa nyari terus pake google blog finder.
    maaf jika ada kata yang salah
    terima kasih

  8. apa perbedaan antara budaya dengan sosial?kadang ada yang menyatakan sosial budaya?apakah sama sosial dengan budaya?dan apa perbedaan antara pribadi dan psikologis?

  9. mas mau nanya nih..
    saya lagi mneliti ttg perilaku konsumen dalam pembelian kartu prabayar ponsel. varabel: perilaku konsumen (Y); harga (X1), atribut produk (x2), elompok acuan (X3), Promosi (X4). mau susun kuisionernya agak bingung. kalau mau tanya ttg variabel Y(perilaku konsumen) bisa bagi contoh soalnya ya?? bingung??? bantuin ya…

  10. Mas teddy yang baik…amu tanya nih…begini saya pingin ambnil tesis tentang Faktor2 yang mempengaruhi Investor dalam Membeli saham… bisa nggak pake teori faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen,..bantuin ya…karena belum ada tesis tentang itu yang bisa saya jadikan acuan.

  11. tentu saja bisa, bukankah di mata penjual saham para investor adalah konsumen target. ok

  12. pak teddy saya mu tanya ni menurut bapak bagaimana hubungannya antara perilaku konsumen dengan strategi pemasaran?

  13. Mas Teddy numpang nanya ya,,
    apakah desain komunikasi mempengaruhi perilaku konsumen merupakan bagian dari strategi positioning atau tidak??

  14. salam kenal ya mas tedy,,hehe….

    mas, aku mu tanya..nich!!

  15. maaff, td gk sengaja enter

    jd gini aku mau sharing nihh, skrng ini aku lg skripsi dng jdl. “efektifitas kinerja humas bank syariah mandiri dalam kemampuan persaingan dng bank konvensional lainnya serta membangun loyalitas konsumen”. pertanyaannya:
    1. dr segi redaksional jdlnya itu terlalu boros atau tdak?
    2. apakah ada korelasinya antara kinerja humas dng kemampuan persaingan dan loyalitas konsumen
    3. kira2 teori HUMAS yang tepat dng mslh tsb apa y..?
    4. apakh penelitiaan ini metodenya (deskriptif kualitatif & apkh ini variabel mandiri brdasrkan jdl tsb?

    MAAAAFF skali ya mas, klw pertanyaan ku ini sekarung goni,,hehehe…. cz butuh saring nih dng orng yg b’kompeten spt mas slh satuya.

    ditunggu ya mas suggetions nya..!! THANKS SO MUCH YAAA

  16. Betul dari segi redaksional terlalu boros. Kalau boleh saya usul, berikut ini beberapa alternatif judul:
    1. Kinerja Humas Bank Syariah Mandiri dalam Memenangkan Persaingan dengan Bank Konvensional
    2.Efektifitas Kinerja Humas Bank Syariah Mandiri dalam Membangun (atau bisa juga “mempertahankan”, atau “meningkatkan”) Loyalitas Nasabah
    3 Hubungan Kinerja Humas Bank Syariah Mandiri dengan Loyalitas Nasabah
    Yang ke satu dan kedua bisa dengan deskriptif, yang ketiga harus dengan korelasional. Tapi, kalau boleh saya pilihkan mendingan yang ketiga

  17. bisa bantu ngak gimana caranya nentuin indikator perilaku konsumtif

  18. maaf mas, boleh nanya soal tentang indikator untuk menilai perilaku konsumtif individu?kebetulan skripsi yang mau saya ajukan tentang itu…ada ngak sumber relevan untuk saya baca menganai perilaku konsumtif konsumen tersebut?

  19. mas saya lg ingin mengajukan judul skripsi untuk tugas akhir saya, berikut judulnya.
    “berbagai perilaku konsumen sebagai masukan strategi pemasaran bagi convenience store”

    apakah terlalu luas mas teddy ??
    adakah opsi untuk menjadikan perilaku konsumen menjadi 2 variabel ??
    observasi saya pada awalnya adalah melihat pola konsumen yg sering duduk didpn store, yg bertolak belakang dgn konsep store itu sendiri,..

    terimakasih mas teddy,..

  20. assslm wr.wb..
    mau tanya ney mas..
    kalo mau neliti faktor2 yang mempengaruhi perilaku konsumen kartu prabayar kan ada variabel faktor psikologis, faktor pribadi, sama faktor sosial.
    kira2 mas tau g indikator dari masing variabel apa biar ga tumpang tindih??
    1. Psikologis
    -motivasi indikatornya apa?
    -persepsi indikatornya apa?
    -pembelajaran indikatornya apa?
    -kepercayaan dan sikap indikatornya apa?
    2. pribadi
    -usia indikatornya apa?
    -pekerjaan dan keadaan ekonomi indikatornya apa?
    -gaya hidup indikatornya apa?
    -kepribadian dan konsep diri indikatornya apa?
    3. faktor sosial
    -kelompok acuan indikatornya apa?
    -peran dan status indikatornya apa?
    terima kasih mas…
    wasslm..

  21. kakak yang baik dan bijaksana, perkenankan saya untuk bertanya ttg analisa pengaruh strategi komunikasi pemasaran dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan . varabel: loyalitas pelanggan (Y); strategi komunikasi (X1), brand awareness (x2), nyambung tidak ya???? bisa tolong bagi contoh kuesioner ya?? bingung??? bantuin ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: