Posted by: TandaMata BDG | 2 March, 2008

Personal Selling

Personal Selling atau Penjualan Pribadi merupakan interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.

Penjualan personal adalah alat yang paling efektif-biaya pada tahap proses pembeliar lebih lanjut, terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pem­beli. Penjualan personal, memiliki tiga ciri khusus: 

  • Konfrontasi personal: Penjualan personal mencakup hubungan yang hidup, lang­sung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan lebih dekat.
  • Mempererat: Penjualan personal memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungar mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan. Wiraniaga biasa­nya sudah benar-benar mengetahui minat pelanggan yang terbaik.
  • Tanggapan: Penjualan personal membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga.

Responses

  1. Pak, mau tanya nih…
    Biasanya di mall2 banyak menawarkan produk kan…
    Trus ada SPG nya. Itu namanya personal selling atau sales promotion ya pak…
    Makasi…

  2. Para gadis yang melakukan penjualan secara langsung bertatap muka dengan calon konsumen sudah jelas sedang melakukan kegiatan “personal selling” dan sebaiknya dipanggil sebagai sales girl (SG). Namun seringkali sambil melakukan penjualan mereka juga dibebani tugas memberikan promosi penjualan /sales promotion (SP) misalnya berupa pembagian sampel, hadiah cuma-cuma, kupon yang diundikan dll, maka bisa kita sebut mereka adalah gadis penjual/sales girl (SG) yang bertugas ganda melakukan sales promotion (SP). Untuk mudahnya mereka dipanggil SPG. Begitu.

  3. oh…
    begitu..
    thank you pak..

  4. pa tolong
    saya sedang melakukan penelitian tugas akhir yang membahas tentang personal selling
    tolong bapak jelasin pengertian, konsep, manfaat, serta tujuan personal seling, serta semua referensi tentang personal selling. atas perhatian Nya saya ucapkan terimakasih.

  5. tolong ksh tau aq dong
    langkah2 ap aj yg dambil dlm proses penjualan pd thap prapenjualan,penjualan,dan pasca penjualan oleh seorang personal connecting selling
    please ksh tau jwbnyny y
    danthi.meli@gmail.com
    mksh sblumny


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: