Posted by: TandaMata BDG | 7 March, 2008

Memperkirakan Rating Program Baru

Seringkali suatu program baru yang akan ditayangkan ditawarkan pada pengiklan. Lazimnya suatu program baru yang akan tayang, info mengenai rating tentunya belum tersedia. Di satu sisi memasang iklan pada program baru seperti ini mengandung resiko. Namun di sisi lain memilih program seperti ini punya sisi menarik; harga iklan sangat terbuka untuk NEGO.

Walaupun informasi rating belum tersedia, sebenarnya kita dapat memperkirakan, dengan suatu tingkat ketelitian, share yang mungkin diterima oleh suatu program baru yang akan tayang. Beberapa variabel yang dipertimbangkan adalah:

  • periode waktu (kapan acara tersebut mengudara);
  • persaingan yang akan dihadapi program acara tersebut dengan stasiun lain pada saat penayangan yang sama (akankah program baru tersebut menantang program yang dinilai tertinggi atau menjadi program yang lemah);
  • program yang mendahului dan mengikuti pro­gram baru tersebut (program yang sangat menarik kadang-­kadang bermanfaat jika kita memperkirakam bahwa para pemirsa tidak akan cepat mengubah saluran);
  • jenis program (akankah program tersebut berbentuk suatu dokumentasi atau komedi);
  • riwayat jenis program yang sama (disukai atau dihindari?). Kita juga dapat rnempelajari naskahnya, atau rnenonton­nya lebih dahulu jika tersedia,
  • dan mengenali produser, sutradara, dan susunan pemain untuk menentukan apakah bakat mereka telah membawa keberhasilan pada masa yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: